Belajar Memainkan Pianika Pemula Lengkap Dan Mudah

Balajar Memainkan Pianika sepertinya sudah menjadi standart untuk pembelajaran alat musik siswa sekolah, karena setiap praktek pelajaran kesenian mereka umumnya banyak yang menggunakan pianika sebagai alat musiknya. Ya karena alat musik pianika alat musik sederhana, ringan dapat dibawa kemana-mana, juga pianika mudah dimainkan.
Disini saya bahas cara belajar memainkan pianika dengan metoda baca not angka.
Namun baiknya yang belum memahami not angka baca dulu postingan Cara Membaca Not Angka.
Mari segera kita bahas Cara Belajar Memainkan Pianika.

1. Mengenal bagian yang disebut tuts untuk cara belajar memainkan pianika.

belajar memainkan pianika pemula
(Gambar 1) Mengenal tuts pianika
Bagian yang cukup penting dari pianika adalah tuts nya, Terdapat tuts yang berwarna hitam dan tuts yang berwarna putih. Untuk menghasilkan bunyi nada dari pianika, tekan tuts nya bersamaan dengan meniup lubang di pianika  akan menghasilkan nada dengan ketinggian tertentu sesuai tuts yang ditekannya. lihat (gambar 1)

2. Mengenal nama nada ditiap tuts untuk belajar memainkan pianika.

belajar memainkan pianika pemula
(Gambar 2) Mengenal nama nada pianika
Sebelumnya telah dijelaskan tuts di pianika terdapat tuts yang berwarna putih dan yang berwarna hitam. Tuts yang berwaran putih adalah tuts nada natural, atau nada pokok, dengan penamaan 1(do), 2(re), 3(mi), 4(fa), 5(sol), 6(la) dan 7(si).
Bagian tuts yang berwarna hitam, yaitu tuts bernada kromatis kalo di sistim not angka kadang biasa disebut not dicoret, nada not nya masing-masing naik 1/2 interval, bisa dilihat (gambar 2) angka pada tuts yang hitam dicoret ke atas.

Dari tuts-tuts tersebut baik yang hitam, juga yang putih terbagi tiga wilayah oktaf
Oktaf yang pertama dipenulisan not angka tiap nadanya bertitik dibawah, namun wilayah oktaf pertama ini tidak penuh satu oktaf tapi dimulai dari nada ke 4(dibaca Fa) bisa dilihat gambar diatas.
Oktaf yang kedua, diwilayah oktaf ini not angka tiap nadanya tidak bertitik.
Oktaf yang ketiga dan diwilayah oktaf ini not angka tiap nadanya bertitik diatas.

3. Mengenal penamaan jari  belajar memainkan pianika.
Bersamaan dengan meniup pianika, jari tangan kanan kita menekan tuts, sistim penamaannya, (bisa lihat digambar 3), sebagai berikut.
jempol (no1),
telunjuk (no2),
jari tengah (no3),
jari manis (no4)
dan jari kelingking (no5).
Cara menggunakan jari tersebut ketika memijit tuts,baiknya fungsikan ke lima jari kita untuk memijit tuts sesuai nada yang dibutuhkan.(contoh bisa lihat digambar 4 ) .


belajar memainkan pianika pemula
(Gambar 4) Penamaan jari tangan kanan

belajar memainkan pianika pemula
(Gambar 5) Contoh penggunaa jari saat belajar memainkan pianika.


Sedikit contoh penggunaan jari belajar memainkan pianika lagu Song Of Joy.

Sekarang coba perhatikan rangkaaian nada di partitur not angka lagu Song Of Joy diatas(Gambar), di lagu tersebut diawali dengan nada 5(sol), saat nada tersebut dimainkan berbarengan dengan kita meniup pianikanya, yang harus menekan nada 5(sol) tersebut adalah jari ke 5 atau kelingking. terus nada berikutnya nada 3(mi), maka yang harus menekan nada tersebut adalah jari ke 3 atau jari tengah, nada berikut masih nada 3(mi) berarti yang harus menekan nada tersebut masih harus jari tengah, dilanjut lagi ya. Nada berikutnya adalah 4(fa) nah kira-kira jari apa yang harus menekan nada tersebut? ya betul jari 4 atau jari manis yang harus menekan nada tersebut. Sampai disini mudah-mudahan sahabat bisa memahami penggunaan jari cara belajar pianika pemula.

Jadi intinya pemakaaian jari kita belajar memainkan pianika harus teratur sesuai dengan urutan nada, dari contoh dilagu tersebut kesimpulannya sebagai berikut, bila terdapat nada 1(do) harus dipijit dengan jari 1 atau jempol, nada 2(re) dengan jari 2 atau telunjuk, nada 3(mi) dengan jari 3 atau jari tengah, nada 4(fa) dengan jari4 atau jari manis dan terakhir nada5(sol) harus dipijit dengan jari 4 atau kelingking.

Namun sepertinya tidak semua lagu urutan nadanya seperti lagu Song Of Joy di partitur di atas, ya betul sudah pasti masing lagu berbeda dan beragam isi nadanya, dan juga penggunaa jari  cara belajar memainkan pianika pasti berbeda pula.

Namun dari contoh di atas setidaknya dapat gambaran cara belajar memainkan pianika, saya mengambil contoh lagu tersebut karena isi nada di lagu tersebut hanya lima not jadi cocok untuk contoh pemula blajar memainkan pianika.

Yang terpenting dari cara sahabat menggunakan jari kita ketika belajar memainkan pianika yang harus dihindari adalah menggunakan satu jari tiap memijit tuts ketika memainkannya. Fungsikan semuanya.. Atau setidaknya tiga jari yaitu jari 1 jempol, jari 2 jari telunjuk dan jari 3 jari tengah yang  dinamis gantian memijit tuts sesuai nada yang kita mainkan.

4. Tehnik cara meniup belajar memainkan pianika.
Tiupan yang baik adalah yang tiupan yang rata tidak terlalu kuat dan tidak terlalu lemah, memakai tehnik pernafasan diagfragma atau pernafasan perut, hal ini penting untuk menghemat kekuatan tiupan. Tiup pianika saat kita sedang memijit tutsnya saja, hentikan sejenak tiupan saat ga menekan tuts pianika. Senantiasa atur tehnik pernapasannya.

5. Posisi cara belajar memainkan pianika.
Pada umumnya, memainkan pianika hanya menggunakan satu tangan, posisi yang kanan, dimana tangan kiri biasanya memegang pianikanya kalau posisi saat kita memainkan sambil berdiri atau bisa sambil duduk.

Demikian sahabat bahasan tentang Belajar Memainkan Pianika, semoga bermanfaat khususnya bagi yang sedang belajar memainkan pianika.

0 Response to "Belajar Memainkan Pianika Pemula Lengkap Dan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel