Powered by Blogger.
Home » » Belajar Cara Memainkan Suling Sunda Diatonis Dengan Membaca Not Angka

Belajar Cara Memainkan Suling Sunda Diatonis Dengan Membaca Not Angka

Written By Dede Suwanda Dedswand on Tuesday | 04:27

Mari mencoba belajar cara memainkan suling sunda diatonis dengan membaca not angka

Salam silaturahmi sahabat, terima-kasih sudah berkunjung ke "sahabatkuseni".

Indonesia sangatlah kaya dengan keragaman seni budaya tradisionalnya, tiap wilayah mempunyai seni tradisi yang berbeda beda, termasuk juga keragaman alat musik tradisional khas dan unik dipunyai tiap wilayah di Indonesia,

Diantaranya keragaman alat musik tiup tradisional yang ada dibeberapa daerah di Indonesia. Beberapa wilayah di Indonesia masing-masing mempunyai alat musik tiup tradisional yang unik dan khas.

Di jawa barat tanah sunda alat musik ini namanya disebut suling atau suling sunda terbuat dari bambu. Dari jenis tangga-nada nya (bahasa baratnya scala) suling sunda mempunyai beberapa jenis tangga-nada, diantaranya, suling pelog degung, suling madenda atau sorog, suling salendro dan suling mandalungan.

Dari beberapa perbedaan jenis tangga nada suling tersebut, berbeda pula lubang-lubang yang tersedia dari masing-masing jenisnya, hingga belajar cara memainkan suling sunda saat buka tutup jaripun berbeda pula.

Yang akan saya bahas disini, untuk sahabat yang belum bisa cara memainkan alat musik suling sunda sekaligus juga dipraktekan dengan membaca not angka, saya ajak untuk mencoaba Belajar Cara Memainkan Suling Sunda Diatonis Dengan Membaca Not Angka. Dari judul diatas saat ini saya akan bahas terlebih dahulu suling sunda tangga nada diatonis, mempunyai urutan  1(do)  2(re)  3(mi)   4(fa)   5(sol)   6(la)  7(si)  mempunyai 6 lubang,

Suling akan keluar bunyinya dengan cara ditiup, kekuatan kecepatan yang berbeda dari cara meniupnya menghasilkan nada oktaf yang berbeda.

Tinggi rendahnya nada suling yang kita hasilkan didapat dari pengaturan buka tutup lubang suling tersebut, ditambah dengan kombinasi kekuatan kecepatan meniupnya. Mudah-mudahan akan lebih jelas saya sertakan gambar peraga;

Gambar 1 dibawah, memperlihatkan urutan posisi jari-jari saat menututup atau membuka lubang suling, tangan kiri ada diatas sedangkan tangan kanan ada dibawah, posisi ini tidak menjadi keharusan, bisa saja posisi tangan dibalik sesuai dengan kebiaasan dari awal sahabat memulai belajar cara memainkan, atau menurut sahabat rasakan lebih nyaman.

belajar cara memainkan seruling bambu dan membaca not angka
Gambar 1.

Gambar 2 dibawah, masih sama memperlihatkan urutan posisi jari saat menutup atau membuka lubang-lubang suling, namun digambar ini jari kanan berada dibawah, selanjutnya kita bahas pengaturan saat jari kita menutup atau membuka lubang suling diposisi yang berbeda. Tentunya saat menutup atau membuka lubang suling tersebut kita harus sambil meniupnya, dengan tekanan kecepatan tiupan yang cukup saja tidak terlalu kuat.
Mari kita praktekan.

Gambar 2.
Urutan posisi jari saat menutup atau membuka lubang-lubang suling.

Keteraangan urutan gambar berikut nada suling yang dihasilkan.
Posisi ke 1, jika keenam jari kita menutup seluruh lubang, saat ditiup menghasilkan nada 1(do)
Posisi ke 2, jika satu lubang yang paling bawah kita buka, menghasilkan nada 2(re)
Posisi ke 3, jika dua lubang dibawah kita buka, menghasilkan nada 3(mi)
Posisi ke 4, jika tiga lubang dibawah kita buka, menghasilkan nada 4(fa)
Posisi ke 5, jika empat lubang kita buka dibawah kita buka, menghasilkan nada 5(sol)
Posisi ke 6, jika lima lubang kita buka, menghasilkan nada, 6(la)
Posisi ke 7, jika enam lubang kita buka, menghasilkan nada 7(do)
Posisi ke 8, diposisi ini jari persis sama dengan gambar diposisi jari ke 1, ke enam lubang ditutup, namun diposisi jari ke 8 ini sahabat saat meniupnya harus memberi tekanan kecepatan tiupan lebih kuat, berbeda dengan saat kita meniup diposisi jari ke 1, karena perbedaan pemberian tekanan kecepatan tiupan lebih kuat, maka kita akan mendapatkan nada 1(do) satu oktaf lebih tinggi, kalo di simbol not angkanya ada tanda titik diatas angka 1 nya.

Sampai disini setelah sahabat mempraktekan urutan dari posisi jari ke 1 sampai diposisi jari ke 8 belajar cara memainkan suling sunda diatonis, maka sahabat mendapatkan rangkaian tangga nada satu oktaf, urutannya seperti gambar dibawah;

not angka suling 1 oktaf
Gambar 3. Urutan nada 1 oktaf

Untuk selanjutnya sahababat ulangi lagi, praktekan mulai dari posisi jari ke 2 (di gambar ke 2) dan seterusnya sampai ke posisi jari ke 8, cuma dengan tekanan kecepatan meniup lebih kuat, kira-kira sama dengan saat sahabat meniup di posisi jari ke 8, maka di wilayah ini sahabat akan mendapatkan rangkain tangga nada lebih tinggi 1 oktaf, tiap simbol not angkanya masing-masing ada tanda titik diatasnya,urutan not-angkanya seperti gambar dibawah;

Gambar 4.
Urutan nada wilayah oktaf ke 2, (masing-masing tiap not-angkanya bertanda titik diatasnya).

Setelah kita bahas teori juga praktek dari gambar peraga diatas, mudah-mudahan sekarang kita memahami belajar cara memainkan suling sunda diatonis, juga mengetahui bahwa suling hanya mempunyai jangkauan maksimal 2 oktaf saja. Dan mudah-mudahan dengan banyak belajar melalui membaca not angka, mudah-mudahan yang sebelumnya tidak bisa memainkan suling jadi bisa memainkan bahkan menjadi mahir.

Suling tiap satuanya punya kunci nada dasar tertentu, yang menentukan jenis kunci tersebut tergantung dari besar kecil ukuran diameter bambunya dan ukuran jarak antara lubang-lubang suling tersebut, alat musik ini hanya bisa dimainkan di satu kunci nada dasar saja, sebetulnya bisa juga dimainkan untuk beberapa kunci yang lain, cuma hal itu sangat tergantung dari lagu yang kita mainkan.

Untuk mencoba berlatih belajar alat ini terutama sambil belajar cara memainkan suling sunda diatonis dengan membaca not angka, sahabat bisa pelajari bahan-bahan dari postingan saya yang lain, seperti lagu-lagu sederhana di label not angka lagu anak-anak silahkan pilih lagunya, awali belajar dengan lagu yang rangkaian not angkanya paling mudah, juga sahabat bisa memilih lagu-lagu dilabel not angka lagu pop indonesia, silahkan pilih lagunya sesuai selera sahabat.

Dengan tidak ada maksud menggurui, hanya sedikit berbagi ilmu tentang belajar cara memainkan suling sunda diatonis yang sedikit saya ketahui, mohon maaf kepada para senior yang sudah ahli memainkan suling, karena artikel ini saya utamakan untuk yang belum bisa dan kebetulan sedang memerlukannya.

Silahkan selamat mencoba belajar cara memainkan suling sunda diatonis semoga bermanfaat.


Ditulis Oleh : Dede Suwanda Dedswand

Dede Suwanda Dedswand Terima-kasih sahabat telah membaca postingan"Belajar Cara Memainkan Suling Sunda Diatonis Dengan Membaca Not Angka."semoga ada manfaat untuk yang telah membacanya, sahabat boleh mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

5 komentar:

  1. Makasih Saya Bisa Main Seruling nya:)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih Firza Pradana kunjungannya, semoga bermanfaat.. Ditunggu selalu kunjungannya.. Semoga sukses selalu segala aktifitasnya..

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Terima-kasih pak Sugeng Riyanto, atas kunjungannya.. Smoga sukses slalu segala rencana dan aktiitasnya.. aamiin

      Delete