Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membaca Not Angka Lengkap dan Mudah

Cara Membaca Not Angka Lengkap dan Mudah - Ada beberapa keuntungan saat seseorang punya kemampuan bisa membaca not angka, atau bisa membaca penulisan musik lain, seperti not balok atau TAB.

Beberapa keuntungan kalo kita mampu membaca not angka tersebut di antaranya adalah, pertama kita dapat memainkan sebuah komposisi musik yang ditulis dengan not angka, di mana sebelumnya kita tidak mengetahui lagu tersebut.
Dengan kemampuan bisa membaca not angka kita akan bisa memainkannya sekaligus juga jadi mengetahui lagu tersebut dengan cara membaca not angkanya.

Kedua, kita bisa menuangkan karya kita kedalam bentuk partitur penulisan not angka, hingga orang lain dapat memainkan karya kita, tentunya orang yang memainkan harus bisa membaca not angka pula.
Dan masih banyak manfaat yang didapatkan, bila kita bisa membaca not angka.
Bagi sahabat yang belum memahami dan belum bisa cara membaca not angka mari kita bahas tentang cara membaca not angka, di artikel yang lain bisa simak juga cara membaca not angka yang dicoret dan juga cara membaca not balok.

Not angka penulisannya digambarkan dengan simbol-simbol tertentu.
Beberapa simbol terpernting dari penulisan not angka dan cara membaca not angka adalah.
1. Saat membaca not angka rangkain tinggi rendah nadanya atau melodis, disimbolkan dengan urutan angka dari 1 sampai 7, dan masing-masing angka punya penamaan, ( lihat gambar 1).

gambar peraga  1 cara membaca not angka
Gambar 1. not angka satu oktaf berikut penamaan tiap angkanya..

Jika diperhatikan gambar urutan angka di atas ada angka yang sama, yaitu angka satu, namun angka satu yang kedua bertitik di atas, hal itu artinya angka satu yang kedua nadanya lebih tinggi satu oktaf dari angka satu sebelumnya. Nada yang lebih rendah not angkanya masing-masing bertitik di bawah, nada pertengahan not angka tidak bertitik, dan not angka yang mempunyai nada lebih tinggi masing-masing bertitik di atas not angka tersebut. ( lihat gambar 2)

cara membaca not angka gambar peraga 2

Gambar 2. not angka beberapa oktaf, ditandai tanda titik di bawahnya, tidak bertitik dan bertitik di atasnya.

2. Saat membaca not angka simbol ritmis atau durasi nilai setiap not, lama sebentarnya saat kita membaca not angka tersebut disimbolkan dengan beberapa simbol, tanda titik dibelakang not angka, atau berupa garis di atas not angka tersebut, lebih jelas lihat gambar berikut keterangannya.

Not angka di bawah ini mempunyai nilai empat ketuk, 3 titik setelah simbol not menyatakan tambahan nilai 3 ketukan, satu titik nilainya satu ketuk.

cara membaca not angka gambar peraga 3

Not angka di bawah ini mempunyai nilai masing-masing dua ketuk, satu titik setelah simbol not menyatakan tambahan nilai satu ketuk.

cara membaca not angka gambar peraga 4

Not angka di bawah ini mempunyai nilai satu ketuk dari tiap not tersebut, kalo di not balok disebut not seperempat.

cara membaca not angka gambar peraga 5

Not angka di bawah ini mempunyai nilai masing-masing setengah ketuk, atau tiap ketuk ada dua not.

cara membaca not angka gambar peraga 6

Not angka di bawah ini mempunyai nilai masing-masing satu ketuknya seperempat ketuk, atau tiap satu ketuknya ada empat not.

cara membaca not angka gambar pelengkap 7

Masih ada element yang lainnya saat membaca not angka seperti garis pemisah birama, tanda birama, tanda legato.

3. Rest atau tanda istirahat, simbol untuk not tidak dibunyikan dari cara membaca not angka tandanya digambarkan dengan simbol angka 0,

cara membaca not angka gambar pelengkap 8

Not ini nilai durasinya hanya satu ketuk, karena di ikuti tiga buah angka 0, artinya setelah membunyikan do berikutnya istirahat tiga ketuk atau not tidak dibunyikan selama tiga ketuk.

Not angka dapat dimainkan dengan beberapa cara, bisa dengan cara menyanyikannya dengan suara kita, atau dimainkan memakai alat musik tertentu seperti alat musik gitar, suling, piano atau alat musik yang lain, dan bagi sahabat yang mau mencoba belajar cara membaca not angka memakai alat musik suling, silakan kunjungi cara memainkan suling dengan membaca not angka atau mau mencoba memakai alat musik gitar silakan kunjungi cara membaca not angka dengan gitar.
Juga bagi sahabat yang mau belajar cara membaca not angka dengan contoh lagu lebih beragam bisa memilih lagu sesuai selera sahabat di label Not Angka Lagu Pop Indonesia,
Atau sebagai media belajar pemula, silakan sahabat mencoba not angka lagu anak yang lebih mudah untuk dipelajari, silakankan kunjungi label Not Angka Lagu Anak-anak.

Demikian artikel cara membaca not angka, mudah-mudahan mudah dipahami. Supaya lebih jelas lagi cara membaca not angka ini, saya sertakan juga contoh partitur Not Angka Lagu My heart Will Go On. Memberikan penjelasan tentang tanda-tanda dalam notasi angka beserta simbolnya ( Gambar 3 di bawah ), saya jelaskan bagian-bagian berikut simbol simbol yang lainnya, sahabat juga bisa mengunjungi artikel lagu tersebut.
cara membaca not angka gambar pelengkap 9


Gambar 3, contoh partitur memakai penulisan lagu not angka.


Keterangan masing-masing urutan angka dari symbol symbol dipartitur yang dilingkari;
1. Dibagian ini biasanya tertulis judul.
2. Di sini menerangkan tanda birama, kunci nada dasar dan tempo.
3. Diposisi ini biasanya ditulis keterangan pencipta atau penyanyi.
4. Garis tegak lurus ini disebut garis birama, yang memisahkan masing-masing birama.
5. Birama atau bar, tiap ruang di antara garis-garis birama.
6. Tanda ulang, pengulangan bisa dari awal atau dari tanda-tanda tertentu.
7. Tanda bahwa pengulangan dari tanda ini
8. Garis tegak lurus dua buah, dan yang satunya lebih tebal artinya tanda akhir lagu.

Demikian artikel cara membaca not angka, besar harapan saya mudah-mudahan artikel ini bemanfaat untuk siapapun yang sedang membutuhkanya. Setelah membaca artikel ini mudah-mudahan bagi yang belum bisa membaca not angka menjadi bisa,  juga yang sudah bisa akan menjadi lebih lancar lagi. 

Namun perlu diperhatikan bahwa musik itu bukan sekedar hafalan dan teori, namun setelah memahami sebuah materi yang yang kita dapatkan, kitapun harus mempraktekannya atau melatihnya. Dengan latihan yang kontinyu dan penuh dengan kesungguhan insya Allah tanpa sahabat sadari akan membuahkan hasil yang maksimal.

Namun untuk bisa latihan kontinyu dengan penuh kesungguhan juga kita harus membayarnya dengan sesuatu yang lahir dari tekad kita, diantaranya pengorbanan waktu dan kedisiplinan, tapi insya Allah yakinlah bahwa yang kita usahakan dengan kesungguhan di hari ini kedepan akan kita tuai dan dapatkan hasil yang memuaskan.

Terima-kasih sahabat telah meluangkan waktunya membaca artikel ini. Kedepan mudah-mudahan saya bisa membuat juga bahasan yang sejenis seperti cara membaca not balok gitar atau juga cara membuat not lagu

Semoga bermanfaat.

44 comments for "Cara Membaca Not Angka Lengkap dan Mudah"

  1. Terimakasih sdr Dedswand atas uraian di atas ... akan saya pakai dalam belajar bersama teman-teman. Banyak orang tidak dapat membaca not angka, semoga dengan membaca tulisan-tulisan Anda paduan suara kami akan terbentuk dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Endang Wilandari, saya ucapkan terima kasih juga atas ku njungannya berikut telah menyimak artikel tentang membaca not angka, semoga bermanfaat, maaf bila artikelnya masih banyak kekurangan jauh dari sempurna, namun akan terus saya update, juga Mba Endang jangan sungkan kalo masih ada yang kurang jelas bisa ditanyakan kembali, insya Allah bila saya mampu akan saya jawab.. Ohya Mba Endang punya kelompok paduan suara ya, semoga semakin sukses saegala aktifitas Mba Endang berikut kelompok paduan suaranya ya..aamiin.. Ditunggu kembali kunjungannya Mba Endang.. terima kasih

      Delete
  2. Terimakasih artikelnya min, sekalian mau info saya update tiap minggu tentang cara baca not balok, yang lagi butuh belajar baca not balok lengkap mampir ya : Tutorial Baca Not Balok Lengkap

    my blog : <a href="ariesyuangga.com>ariesyuangga.com</a>

    ReplyDelete
  3. kalau pake yg game gimana ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sen Sen.. terima kasih kunjungannya.. wah kebetulan saya belum menyimak tuh game yang ada keterkaitannya sama not angka hee.. karena saya ga pernah main game hee.. tapi nanti coba saya cari juga pelajari hee.. jadi penasaran juga nih.. sukses slalu Sen sen..

      Delete
  4. Sering menyimak not angka sebuah lagu. Ada tanda "koma" (') disitu; Berapa ketukan harus berhenti karena tanda itu mas ? Tk

    ReplyDelete
  5. Sering membaca lagu dengan not angka. Disitu ada tanda koma diatas ('). Berapa ketukan harus berhenti karena tanda koma tersebut ? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo IyolHeru.. Terima-kasih kunjungannya.. Sejauh yang saya ketahui, juga yang selama ini saya pakai saat menulis lagu dengan not angka, bahwa untuk tanda berhenti atau tanda diam saya pakai simbol angka "nol" (0), juga rasanya yang lainpun pada umumnya yang saya amati bahwa simbol untuk berhenti atau tanda diam ditulis dengan angka nol.. sukses slalu IyolHeru..

      Delete
    2. Tanda koma (') itu tanda jeda sebentar (hanya 1 atau 2 detik) untuk tarik nafas sblm lanjut menyanyikan bagian selanjutnya.

      Delete
  6. Paling lama belajar partitur brp lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Elva Qolbina.. Terima-kasih kunjunganya.. Saya juga masih terus belajar membaca partitur hee, dan kalau menurut saya semakin banyak dan semakin sering rutinas kita berlatih, akan lebih cepat kita bisa baca partitur, tentunya awali dulu dari belajar membaca partitur lagu-lagu yang mudah dan sederhana.. sukses slalu sgala aktifitasnya ya..

      Delete
  7. Mas Dede, saya ada buat suatu syair lagu dan saya dah rekam dan nyanyikan. Tapi lagu ini tidak ada not nya baik not balok maupun not angkanya. Saya ciptakan secara otodidak pakai Guitar. Gmn cara membuat not nya ya Mas?

    Ini alamat email saya : marks_srg@yahoo.co.id atau mas boleh lihat youtube saya (Batam Vocal)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima-kasih Mas Mark kunjungannya, nanti coba saya kunjungi ke alamat tersebut ya.. Sukses slalu Mas Mark..

      Delete
  8. Mas Dede, saya ada buat suatu syair lagu dan saya dah rekam dan nyanyikan. Tapi lagu ini tidak ada not nya baik not balok maupun not angkanya. Saya ciptakan secara otodidak pakai Guitar. Gmn cara membuat not nya ya Mas?

    Ini alamat email saya : marks_srg@yahoo.co.id atau mas boleh lihat youtube saya (Batam Vocal)

    ReplyDelete
  9. kalau not angka yang dicoret apa maksudnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoret gimana, Mbak?
      Ada dua coretan: / dan \
      Kalau / artinya nada tersebut naik 1/2, tinggi nada tsb dinaikkan 1/2 laras (#)
      Kalau \ artinya sebaliknya, diturunkan.

      Delete
    2. Dicoret silang "/" naik setengah nada. dicoret "\" turun setengah nada

      Delete
    3. Terima-kasih Sun Punang kunjunganny. Juga terima-kasih Simpet Soge sudah ikut membantu dengan komentarnya.. Saya sudah coba buat artikel tentang not angka yang di coret, bisa kunjungi ke https://www.sahabatkuseni.com/2019/03/not-angka-dicoret-atau-tanda-kromatis.html/
      Semoga bermanfaat ya..

      Delete
  10. Mau nanya, kalo not angka yg diberi garis atas lebih dari satu artinya gimana ya(?)

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. Terima-kasih Dik kunjungannya. Semoga bermanfaat ya..

      Delete
  12. kalau punya partitur daningin menuliskan ulang supaya punya soft filenya, bagaimana supaya cepat menulis ulang nya ? ada ide ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima-kasih Dik Satia Manik kunjungannya. Kalo kecepatan menulis ulang not tergantung dari tingkat kebiasaan kita menulis. Semakin sering kita menulis lagu akan semakin biasa dan mudah rasanya, namun menurut saya buat apa menulis cepat, yang penting cermat dan teliti saja saat menulis notnya yang paling penting kita dapatkan hasil yang terbaik walaupun aga lambat atau lama hee.. Mudah-mudahan bermanfaat ya..

      Delete
  13. Artikel nya bagus... Izin copy ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima-kasih Mas Yoas kunjungannya. Silahkan copas namun sertakan sumber linknya ya. Sukses selalu Mas Yoas..

      Delete
  14. Setelah saya membaca ini saya menjadi tidak keliru lagi .dan bisa mengerti bagaimana tanda berhenti disimbolkan .awalnya saya kira tanda 0 tidak dianggap apa² ternyata merupakan tanda berhenti .lampirkan juga langka mengubah not angka menjadi not balok dong pak agar saya juga bisa mengerti eheheh terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hee terima-kasih Dik Yuleha kunjungannya. Semoga makin pintar main musiknya. Sukses selalu Dik Yuleha..

      Delete
  15. Trimakasih artikel nya sangat membantu bagi yang pemula seperti saya , bahasanya tidak berbelit-belit sangat menyenangkan untuk di pelajari 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima=kasih Dik kunjungannya. Semoga bermanfaat ya. Sukses selalu..

      Delete
  16. Min klo not ny 3••4 itu gmn min lambang nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima-kasih Dik kunjungannya ya. Maaf pertanyaan detailnya gimana ya..?

      Delete
  17. Artikelnya bagus. Dulu ketika masa SMP senang dg musik, tp fasilitas tdk mendukung. Skrg meski bukan anak-anak lagi tp msh punya keinginan belajar musik, yang ingat hanya do re mi fa sol la si do. Cara baca notasi yg lain lupa semua, nemu artikel ini sangat membantu. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima-kasih Mas Haryoto kunjungannya. Ya mudah-mudahan kondisi sekarang segala sesuatunya lebih mendukung dan lebih baik lagi ya,dan main musik tak kan terbatas dengan kondisi waktu ya. semoga bermanfaat sukses slalu ya Mas Hartoyo..

      Delete
  18. ini sih keren bangat kak, tinggal mengaplikasikan aja lagi. yhanks ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trima-kasih kembali dik Sari atas kunjungannya. Semoga bermanfaat ya.. sukses slalu dik Sari

      Delete
  19. matur suwun membantu kula anggen sinau musik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip Mas hatur-nuhun kunjungannya. Semoga bermanfaat ya.. sukses selalu..

      Delete
  20. Terimakasih pembelajarannya bagi saya yang pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima-kasih Dik Lukas kunjungannya. Semoga bermanfaat ya, saya sendiripun masih terus belajar ;) Sukses selalu ya Dik Lukas..

      Delete
  21. Mantaps deh kak,tp memang susah sih belajar not...kadang lagi belajar koor susah banget ingat y dari do lompat ke me....heheeh..thks ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima-kasih Dik kunjungannya ya. Semoga bermanfaat, he mudah-mudahan nanti tidak susah lagi ya kalau terus belajar dan belajar ya. Saya sendiripun masih terus belajar..;)

      Delete
  22. maaf bang.. kalau misal 2 dititik itu gimana posisinya

    ReplyDelete
  23. Bro, pernah mengetik partitur lagu memakai plugin jianpu numbered notation musescore 3?

    ReplyDelete